Selasa, 18 Agustus 2009

KETAHUILAH UMUR BAN ANDA


Menjelang Idul Fitri kemarin, seperti tahun tahun sebelumnya kembali dihebohkan dengan banyaknya produk makanan yang sudah expired (kadaluarsa) tapi masih beredar di pasar baik di pasar tradisional maupun di beberapa supermarket.
Padahal hampir di semua produk makanan yang beredar di pasar sudah ada masa kadaluarsa nya, tetapi kok masih ada saja membeli. Bagaimana jadi nya dengan produk yang tidak mencantumkan masa kadaluarsa nya ?Lho apa hubungannya dengan Tyre ? Saya pernah bertanya kepada salah satu engineer tyre dari merk ternama.Pertanyaan saya simpel saja, adakah masa kadaluarsa ban ? Dijawab dengan cepat, PASTI ADA.

Tetapi begitu masuk pertanyaan kedua, berapa lama masa kadaluarsa suatu ban ? Sulit bagi sang engineer memberikan jawaban pasti, misalnya 5 tahun, 10 tahun. Karena menurutnya banyak faktor yang mempengaruhi, misalnya iklim suatu negara, metode penyimpanan (terbuka, tertutup, berdiri, rebah) dll.

Jadinya sampai saat ini saya belum dapat jawaban pastinya, dalam arti angka yang benar benar dikeluarkan oleh manufactur ban yang bersangkutan Di beberapa company ada yang memakai angka 5 tahun bahkan 10 tahun. Ketika ditanya dasar pemakaian angka itu, tetap saja tidak ada jawaban yang pasti.

Lagi pula apakah pernah terjadi, satu ban tidak dipake pake selama 10 tahun ? Berikutnya, bagaimana kita mengetahui sudah berapa lama suatu ban itu di produksi di pabriknya sono ? Apakah di ban nya sendiri ada tulisan yang menyatakan bahwa ban tersebut diproduksi tahun berapa ? Jawabannya ada, hanya saja tidak secara langsung menunjukkan tahun/bulan/tanggal, melainkan dengan kode angka atau huruf yang ada pada serial number ban tersebut.Berikut panduan untuk mengetahui tahun produksi ban untuk merk Bridgestone, Good Year dan Michelin.

BRIDGESTONE Contoh: Serial Number S6N004463 Keterangan : Huruf ”S” menunjukkan kode pabrik (Shimonoseki) Angka ”6” menunjukkan tahun produksi tahun 2006 Huruf ”N” menunjukkan bulan produksi (Juli) Angka ”00” menunjukkan compound/improvement compound Angka ”4463” adalah sequence number.

Petunjuk/kode selengkapnya: GOOD YEAR Contoh : Serial Number 0506JC2351Keterangan: Angka “05” menunjukan bulan produksi ( Mei/5)Angka “06” menunjukkan tahun produksi (2006)Huruf “JC” menunjukkan negara tempat produksiAngka “2351” menunjukan sequence numberPetunjuk/kode selengkapnya : MICHELIN Contoh : Serial Number RLT0856T6AKeterangan : Huruf “R” menunjukkan bulan produksi (R=Agustus)Huruf “L” menunjukkan negara tempat produksi (L=USA)Huruf ”T” menunjukkan tahun produksi (T=2006)Huruf untuk kode tahun dan bulan dibagi 2 kelompok, yaitu kelompok pertama untuk ban yang di produksi di Spanyol dan Perancis, sedangkan yang kedua untuk Amerika Serikat.Petunjuk/Kode selengkapnya.

( sumber : ephypanias )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar